Memakaikan diapers buat anak itu Praktis, tapi….

Sebelumnya mari kita baca “curhatan” 2 ibu ini

“krn tdk ada waktu buat cuci2 dll saya putuskan siang malam pake diaper, pengeluaran jd lumayan besar, efek sampingnya sih tdk gitu saya rasakan selain waktu saat penyapihan diapernya saat dia umur 3 tahun dia susah BaB wkt saya latih untuk bab ke toilet” -bunda nur

“Kalo menurut pengalaman saya yang datang bulan dan menggunakan pembalut 24 jam (ganti pembalut setiap 2 jam) saja masih sering iritasi kulit, apalagi buat kulit debay. Memang buat ortunya jadi lebih simple dan gak repot ganti, tapi yang perlu diperhatikan adalah kesehatan anak kita, dulu waktu mommy masih baby juga tidak mengenakan popok sekali pakai kan? Ibunda kita menjaga 24 jam tanpa mengeluh, ayo para mommy, kita ikuti jejak mulia beliau untuk lebih menyayangi anak kita dan yang pasti jadi ramah lingkungan. Faktanya di negara maju pun, penggunaan popok sekali pakai sudah tidak disarankan dengan alasan kesehatan bayi dan lingkungan. ” –bunda putri

Apa benar demikian???

Memakaiakan diapers itu gak salah kok. Praktis buat kita sebagai para Bunda, hanya saja perlu diatur pemakaiannya.

kenapa? seperti curhatan diatas, selain biar gak terlalu boros, juga demi kesehatan buah hati kita ya bund. Kulit bayi bisa mengalami masalah kulit kemerahan jika bayi memakai diapers terlalu sering. Dan pipis atau pup saat anak tidur dan kita tidak cepat saat menggantikan diapers, apa yang terjadi?. Diapers yang sudah menampung air seni bayi terlalu lama ternyata bisa terasa basah dan jika tidak segera dilepas, maka kulit bayi bisa terinfeksi dengan jamur.

Maka, penggunaan diapers saat aktivitas tidaklah mengapa karena kita bisa mengontrol saat anak pipis atau pup. Tapi ketika tidur? hendaknya kita jangan memakaiakannya. Karena jika terlalu lama kulit Debay nempel sama urine atau pup… gak sehat bund. kasihan…

Efek lainnya adalah ketika anak terbiasa tidur pake diapers, maka dia akan merasa nyaman dengan ompol/ pupnya. akibatnya? Nanti ketika diajarkan pipis atau pup di toilet (toilet training) akan menjadi lebih lama dari anak yang ketika tidur tidak memakai diapers.

Ada beberapa langkah jika Bunda ingin melepas diapers saat anak tidur.

  1. Pastikan sebelum tidur anak diajak ke toilet untuk pipis/ pup. kalo orang jawa bilang ditatur dulu. ini akan mengurangi kemungkinan anak ngompol.
  2. Jauhkan alat elektronik dari kasur, misal hp. selain radiasi kalo kena ompol anak kan bisa rusak
  3. Jika pakai AC, jangan terlalu dingin. 27 derajat sudah cukup dingin. karena udara dingin membuat anak lebih sering pipis.
  4. Jaga agar kasur tidak langsung menempel dilantai, kasih alas berupa triplek atau lainnya.
  5. pakaikan alas pada anak. Seperti perlak atau sprei waterproof agar Kasur tetap kering. Tapi berdasarkan pengalaman saya, ketiga anak saya lebih nyaman pake sprei waterproof. tapi tidak smberang sprei waterproof karena ada yang bahannya panas, debay malah sering keringetan.

Jika bunda cari sprei waterproof, bunda bisa dapatkan disini. klik disini

 

sekian sharingnya, semoga bermanfaat…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *